ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

IMAGAWAYAKI

SHARE
, / 168 0

Tema Mingguan JPG_170408_0003

 

Minggu ini, Hima Foodies mau ngebahas street food di Jepang nih. Kalian pasti tau kan kalau banyak banget street food yang enak di Jepang, tapi kali ini Hima Foodies mau ngebahas tentang Imagawayaki. Ada yang pernah denger makanan Imagawayaki?
Imagawayaki adalah dessert tradisional Jepang yang berisi kacang merah. Imagawayaki juga dapat kalian jumpai di Taiwan. Kue ini biasanya sering ditemukan ketika festival. Adonan Imagawayaki mirip seperti Dorayaki dan Taiyaki yaitu campuran tepung terigu, gula pasir, telur ayam dan juga air. Jadi, setelah adonan diaduk jadi satu, adonan dipanggang diatas loyang tembaga yang memiliki lubang-lubang bundar mirip pancake. Makanya Imagawayaki disebut juga pancake asal Jepang. Sewaktu kue hampir matang, selai kacang merah yang telah disiapkan kemudian ditaruh di salah satu sisi. Lalu kemudian kedua sisi kue dijadikan satu sewaktu kue masih di dalam loyang. Dan jadi deh Imagawayaki-nya! Kue Imagawayaki bisa juga diisi karamel, buah, kari, daging dan sayuran loh.
Nama kue ini sendiri berasal dari nama tempat kue ini pertama kali dibuat. Imagawayaki pertama kali dijual di toko kue bernama Kanda Imagawabashi yang terletak di dekat Jembatan Imagawa daerah Kanda di Edo sekitar tahun 1772-1781. Sejak saat itu nama Imagawayaki diberikan kepada kue ini yang artinya kue Imagawa Panggang.
Karena setelah kue ini meluas ke daerah-daerah di Jepang, Imagawayaki punya nama yang berbeda disetiap daerah, tergantung kepada daerah atau toko yang menjualnya. Di daerah Kansai sendiri, kue ini disebut ōbanyaki (大判焼き), nijūyaki (二重焼き), atau kaitenyaki (回転焼き). Di Osaka dan Sakai disebut sebagai kaitenmanju (回転饅頭). Sedangkan di Hokkaido, Aomori, dan Hirosaki, kue ini disebut oyaki (おやき).
Gimana, gimana? Kalian jadi tertarik buat beli kue ini kalau jalan-jalan ke Jepang ga? Kira-kira apa lagi ya yang akan di bahas di Hima Foodies? Penasaran? Kalau gitu, jangan lewatkan Hima Foodies selanjutnya ya!

 
Sumber: http://gate-jp.com/menikmati-pancake-asal-jepang-imagawayaki/

Leave A Reply

Your email address will not be published.