ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

5 Alasan Kenapa Negara Jepang Bersih

SHARE
, / 59 0

BERSIH

 

1.Pendidikan sejak kecil
Di Jepang, anak-anak di didik dari kecil untuk bertanggung jawab akan sampahnya. Membuang sampah di tempat sampah adalah bagus. Tetapi membawa sampah saat tidak ada tempat sampah akan jauh lebih bagus. Kalian harusnya malu membiarkan sampah kalian mengacaukan lingkungan sekitar.

2.Plastik kantong kecil selalu disedikan disetiap kursi pada bus untuk rute-rute jauh di Jepang.
Gunanya kantong plastik tersedia di dalam kereta, agar kalian tidak meninggalkan bekas minuman kalian di pojokan kursi kereta, jadi gunakanlah plastik yang tersedia dan menyimpannya sampai kalian menemukan tempat sampah. Hal  ini sangat bagus jika bisa diterapkan di Indonesia, menyediakan kantong plastik di transportasi umum.

3.Kesadaran Penduduknya
Sudah menjadi salah satu tradisi orang Jepang dimana mereka diajarkan tanggung jawab besar sejak anak usia dini dalam hal apapun. Dalam pertunjukan musik atau konser, di dalam stadion dan dimanapun mereka akan selalu sadar akan kebersihan.Umumnya, orang di Jepang menghormati dan menjaga lingkungan sekitar mereka, apakah itu manusia atau bahan. Gambar graffiti dan vandalisme terlihat jarang di Jepang.

4.Pemilihan Tempat Sampah
Jepang adalah satu kota yang sangat keras dan disiplin untuk masalah sampah. Untuk itu mereka menyediakan tempat sampah berdasarkan kategorinya. Plastik dan botol tentu berada di tempat yang berbeda.Jadi, jangan coba membuang sampah sembarangan selama Anda berada di Jepang karena mungkin Anda bisa terkena denda untuk hal kecil seperti ini.

5.Smoking Area
Selain terkenal disipilin untuk sampah, Jepang juga sangat disiplin untuk rokok meski tidak “selebay” Singapura. Anda tidak bisa merokok disembarang tempat yang tentunya berbeda dengan di Indonesia. Untuk tetap menghormati para warga dan turis asing yang merokok, mereka menyiapkan smoking room yang sangat rapih. Tempat ini bisa Anda temui di pinggir jalan ataupun di depan stasiun.

Sumber : http://j-cul.com/

Leave A Reply

Your email address will not be published.