ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

GION MATSURI

SHARE
, / 153 0

1493512690783

 

GION MATSURI

Gion Matsuri merupakan salah satu festival terbesar di Jepang dan berpusat di Kyoto. Festival ini diadakan di bulan Juli dan setiap hari terdapat perayaan yang berbeda-beda selama satu bulan penuh. Puncak perayaannya di tanggal 14-16 Juli disebut dengan Yoiyama (Pemanasan sebelum parade besar). Selama puncak 3 hari itu, jalanan depan kuil Yasara-Jinja ditutup untuk mobil dan penuh dengan arak-arakan serta penonton. Festival ini dikenal karena jumlah warungnya paling banyak dan jajanannya sangat bervariasi. Terdapat banyak pula orang-orang yang mengenakan pakaian Yukata.

Awalnya Gion Matsuri ini merupakan perayaan keagamaan untuk menolak bala dari masyarakat Kyoto sendiri. Pada tahun 11 Jogan tahun 869, terdapat sebuah penyakit menular dan mewabah di Jepang akibat air sungai karena hujan. Pada waktu itu masyarakat Jepang percaya penyakit ini disebabkan oleh kutukan dari roh-roh yang meninggal secara tidak wajar. Untuk menolak bala penyakit itu diadakanlah pertemuan roh bersama dan menancapkan 66 batang Hoko yaitu sejenis pedang yang merupakan kombinasi dari tombak dan kapak.

Pada abad ke-14 saat perekonomian telah membaik, wabah penyakit kembali melanda. Kali ini mereka tidak menganggap hal ini disebabkan oleh kutukan. Akan tetapi, mereka percaya bahwa wabah kali ini disebabkan oleh setan yang bernama Ekijin yang berada di kota ketika musim hujan. Masyarakat lalu berpikir untuk mengusir Ekijin dengan cara membangun sebuah kereta yang dihias lalu diarak berkelililing daerah tempat mereka tinggal dan kereta itu bernama Yama dan Hoko.

Pada tahun 1 Onin 1467, Gion Matsuri pernah dihentikan karena terjadi perang Onin dan baru diadakan kembali 33 tahun kemudian. Lalu, pada tahun Showa atau 1943 terjadi perang Pasifik yang menyebabkan dihentikannya sementara perayaan Gion Matsuri selama kurang lebih 4 tahun, Setelah perang usai diadakan kembali perayaan itu sampai sekarang dan dikenal luas juga oleh orang-orang luar.

Hal-hal yang menarik dan menonjol dari Gion Matsuri yaitu arak-arakan Yamaboko. Bentuknya seperti rumah-rumahan dan gunung. Arak-arakan Yamaboko ini diiringi tabuhan gendang taiko dan alunan melodi seruling tradisional.

Sumber: https://matcha-jp.com/id/359

Leave A Reply

Your email address will not be published.