ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

Hamamatsu Matsuri, Festival Layang-Layang di Jepang

SHARE
, / 89 0

Layang-layang adalah salah satu permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak di berbagai belahan dunia. Selain mudah untuk dibuat, benda ini juga memiliki berbagai macam bentuk yang bisa dibuat sesuai kreatifitas masing masing. Di Jepang sendiri layang-layang disebut Tako, mereka juga memiliki Festival tako yang diadakan setiap tanggal 3-5 Mei di setiap tahunnya bertempat di Bukit Pasir Nakatajima, Prefektur Shizuoka. Perayaan ini disebut sebagai Hamamatsu Matsuri.

Seni layang layang atau Tako (凧) mempunyai sejarah yang panjang di negara tersebut yaitu pada jaman Periode Nara (649-794 AD). Desain layang-layang dari negeri ini cukup unik dan sangat mudah dibedakan dengan desain layang-layang dari negara atau wilayah lain. Di Jaman Heian bahkan layang-layang bukan hanya  sekedar permainan melainkan menjadi salah satu pesan rahasia orang penting di istana. Tentu karena di jaman itu, Tako dianggap istimewa dan cara mendapatkannya juga sangat sulit.

Biasanya para orang tua akan menuliskan nama anaknya pada tako sebelum diterbangkan. Kebanyakan akan memilih layang-layang dengan gambar prajurit atau pahlawan legendaris terkenal dalam cerita anak-anak dengan tujuan agar anaknya tumbuh sehat dan kuat. Selain gambar prajurit, motif yang banyak dipilih para orang tua adalah kura-kura dan bangau yang melambangkan panjang umur, juga mpotif gurame yang dipercaya melambangkan keuletan. Konon semakin tinggi layang-layang yang bertuliskan nama anak tersebut terbang, maka nasib anak tersebut pun akan semakin baik juga.

Selain itu dalam Festival Hamamatsu tak hanya sekedar menerbangkan tako saja, biasanya mereka juga bertarung (takoage gassen) untuk menjadi yang terbaik. Saat menerbangkan layangan, para peserta juga menggunakan pakaian tradisional happi yang digunakan dalam festival atau matsuri. Selama festival berlangsung, ada beragam pertunjukkan seni dan tari, juga ada ratusan penduduk lokal yang menjadi pedagang makanan atau suvenir dadakan di sepanjang jalan utama Hamamatsu.

Sumber:

http://www.inhamamatsu.com/recommend/month/5/hamamatsu-festival.php

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.