ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

Hamaya “Anak Panah Pengusir Setan”, Jimat Keberuntungan di Tahun Baru

SHARE
, / 62 0

Di Jepang, tahun baru adalah hari raya terbesar, tentu saja banyak sekali tradisi yang dilakukan. Salah satunya adalah hamaya, jimat pemberian dari kuil Shinto pada tahun baru Jepang yang dianggap sebagai benda keberuntungan.

Tradisi membawa pulang hamaya dari kuil Shinto sewaktu melakukan hatsumode berasal dari tradisi penembakan anak panah yang disebut jarai.

Hamaya diberikan kepada anak laki-laki pada awal tahun baru. Dari zaman Edo hingga awal zaman Meiji, hadiah satu set anak panah dan busurnya diberikan oleh saudara kepada bayi laki-laki yang baru lahir. Kini anak panah ini dijual untuk anak-anak di kuil. Anak panah ini biasanya dijual satu set bersama busur yang disebut hamayumi atau busur pengusir setan, dan ema atau plakat kayu bergambar kuda untuk dipersembahkan pada kuil Shinto.

Hingga saat ini pemasaran hamaya semakin meluas. Anak perempuan pun juga bisa memilikinya, bahkan seiring berjalannya waktu motif dari ema sendiri mengalami banyak perkembangan. Mulai dari lambang zodiak hingga Hello Kitty pun tersedia.

 

Source

http://muza-chan.net/japan/index.php/blog/demon-breaking-arrow-hamaya

Leave A Reply

Your email address will not be published.