ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

Hiroshima University START Program

SHARE
, / 369 0

Sebanyak dua puluh empat orang mahasiswa dari Hiroshima University, Jepang mengunjungi Universitas Brawijaya. Kedatangan delegasi ini dalam rangka Summer Course Program yang diadakan antara Hiroshima University dengan UB. Rombongan ini disambut secara resmi oleh Direktur International Office Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Ifar Subagyo, M.Agr.St, Penyambutan ini diadakan di Ruang Rapat Perpustakaan Pusat UB, Senin (02/09).

Menurut Ketua Pelaksana Summer Course Program, Ismatul Khasanah, M.Pd., M.Ed., Ph.D mengatakan ini merupakan pertama kali ada kunjungan mahasiswa Jepang ke UB. “Para mahasiswa dari Hiroshima University ini sudah disibukkan oleh seabrek jadwal yang telah menanti mereka, Sebelum berangkat, mereka juga harus mengikuti tes TOEFL dan TOEIC terlebih dahulu”, ujarnya.

Selama berada di Malang, para mahasiswa Hiroshima University antara lain kuliah, observasi kampus, orientasi Kota Malang, belajar mengenai budaya Malangan, mengunjungi panti asuhan, dan home stay experience.

Program yang bertajuk Hiroshima University START Program (Study Tour Abroad for Realization and Transformation) ini merupakan kegiatan praktikum mata kuliah yang Overseas Field Study di Hiroshima University.

Kepada PRASETYAOnline, Isma, yang juga alumnus Hiroshima University menerangkan tujuan mata kuliah tersebut. “Mata kuliah ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara internasional. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini akan dites TOEIC dan TOEFL dengan standar nilai yang disesuaikan dengan Negara tujuan,” kata dosen bahasa Jepang ini. Bagi UB sendiri, program ini selain bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia, diharapkan juga mampu menghasilkan student exchange diantara dua universitas yang sudah terikat Memorandum of Understanding (MoU) sejak 2008 ini. [Sumber: prasetya.ub.ac.id]

Leave A Reply

Your email address will not be published.