ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

Mochi Si Kue Imut, Kini Hadir Dengan Berbagai Bentuk dan Varian Rasa.

SHARE
, / 133 0

 

Tidak ada yang tahu pasti mengenai bagaiamana ataupun dari mana kue yang satu ini berasal, ada yang mengatakan dari cina. Pada awal abad ke-10 kue yang berasal dari beras yang ditumbuk ini telah digunakan sebagai persembahan kepada kekaisaran pada upacara keagamaan.  Berbagai macam teori yang berkenaan dengan asal mula nama mochi, ada yang berpendapat bahwa mochi berasal dari kata ‘motsu’ yaitu “untuk menahan atau memiliki” yang mana menandakan bahwa mochi merupakan makanan yang diberikan oleh para dewa. Ada juga yang berpendapat bahwa bermula dari kata ‘mochizuki’ yang berarti bulan purnama dan ´muchimi’ yang berarti lengket. Pada zaman dahulu dikatakan bahwa petani jepang sering memakan mochi saat musim dingin guna meningkatkan stamina mereka. Tak hanya kalangan petani, pada kalangan samurai mochi sangat disukai karena mudah disiapkan dan dibawa kemana-mana.

 

Salah satu tradisi di Jepang saat menjelang tahun baru adalah tradisi menumbuk mochi (mochitsuki). . Mochitsuki adalah cara tradisional orang Jepang dalam membuat kue mochi menggunakan palu kayu untuk menumbuk-numbuk beras mochi yang dikukus dalam wadah batu atau kayu. Setelah beras menjadi lengket, dipotong menjadi potongan-potongan kecil kemudian dibentuk menjadi bulat atau oval. Selain itu, mochi juga digunakan untuk hiasan tahun baru yang dikenal dengan Kagami Mochi. Orang Jepang percaya dalam kagami mochi terdapat arwah ‘Dewa Padi’ dan ‘Dewa Pemberi Umur’. Kagami mochi juga dipercaya sebagai lambang dari hati manusia yang terbagi dalam dua bagian, yaitu baik dan buruk.

 

Dewasa ini kue mochi telah diinovasikan dengan memberi perasa manis-manis dan dibuat dengan bentuk dan warna yang semenarik mungkin dan diproduksi dalam jumlah yang besar di pabrik untuk kemudian dijual di mall, supermarket dan toko kue. Selain itu, bagi mereka yang ingin membuat sendiri di rumah, telah ada mesin pembuat mochi otomatis yang akan mempermudah proses pembuatannya.

 

Source :

https://japanesestation.com/5-makanan-khas-tahun-baru-di-jepang/

http://www.jepang.net/2012/12/tradisi-orang-jepang-memakan-kue-mochi.html

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.