ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

Mottainai – Lifestyle yang berakar dari Filosofi Tradisional Jepang dan cara untuk meminimalisir makanan sisa

SHARE
, / 175 0

Sebagian besar dari kita diajarkan untuk selalu menghabiskan makanan oleh orang tua kita,namun pada kenyataanya,kita tetap saja menyisakan makanan walaupun sekecil apapun itu.

Di negara Jepang,menyisakan makanan disebut dengan Mottanai,istilah ini berkembang dikarenakan budaya agama Budha diimplementasikan ke Kehidupan masyarakat Jepang pada umumnya,istilah Mottanai juga bisa diartikan sebagai menghargai dan tidak menyisakan sumber yang tersedia,dan menggunakannya dengan rasa bersyukur.

Tentunya dalam era Modern seperti sekarang,kata Mottainai mengalami penurunan dikarenakan meningkatnya konsumer untuk sebuah produk,tetapi kata Mottainai masih berada dalam peringkat 7 dalam pemilihan kata untuk kampanye Eco-Friendly Jepang.

Contoh kehidupan Mottainai dalam kehidupan sehari – hari contohnya adalah,membersihkan toilet setelah menggunakannya,menghabiskan sisa makanan walaupun sekecil apapun itu,merawat sebuah benda ataupun barang supaya tidak rusak.

Kampanye Mottainai di Jepang sendiri pernah disebarkan oleh koran asal Jepang “Mainichi” yang menyebutkan bahwa mengurangi emisi gas karbon dioksida untuk mencegah pemanasan global,tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk pergi ke sebuah tempat yang dimana bisa dilakukan dengan jalan kaki,mematikan lampu jika tidak digunakan,membawa tas belanja untuk mengurangi penggunaan plastik,dan sebagainya, kampanye ini sangat berefektif dengan adanya polling yang dilakukan oleh Kampanye Mottainai,sekitar 80% masyarakat Jepang sangat aware dengan konsep Mottainai dan dapat memberikan efek baik bagi mereka maupun juga Negara Jepang.

Jadi bagaimana para pembaca,apakah anda tertarik dengan Konsep Mottainai untuk digunakan di kehidupan anda?

 

Sumber :

http://egreenlife.org/en/life-style/culture/157-mottainai-a-lifestyle-deeply-rooted-in-traditional-japanese-philosophy-a-cultural-practice-of-minimizing-waste

Leave A Reply

Your email address will not be published.