ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

ORANG JEPANG GEMAR MENGANTRI, KENAPA?

SHARE
, / 109 0

antri

 

Salah satu hal yang mengagumkan dalam budaya Jepang adalah budaya mengantrinya yang luar biasa. Seringkali kita melihat bahwa orang Jepang saat mengantri untuk event besar sekalipun, antrian mereka sangat rapi dan tidak kacau. Apa yang menyebabkan orang jepang sedemikian tergila-gilanya pada antrian yang rapi?
Sikap disipilin sudah diajarkan sejak dini di Jepang. Di Sekolah Dasar, siswa di Jepang tidak akan menerima ujian hingga mereka kelas 4. Di tiga tingkat pertama, mereka akan diajarkan tentang pendidikan moral. Mereka akan dididik untuk menjadi pribadi jujur dan disiplin.
Antrian adalah salah satu nilai yang ditanamkan di Sekolah Dasar. Menurut pengajar di Jepang, dari antrian akan dapat banyak pelajaran yang didapat yang nantinya akan mempengaruhi ke nilai-nilai positif lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin berada dalam antrian terdepan. Mereka harus bangun lebih awal, dan berangkat lebih cepat. Hal ini juga jadi salah satu alasan kenapa orang Jepang tepat waktu.
Saat berada di dalam antrian, pelajaran yang didapat adalah untuk sabar. Menunggu memang salah satu hal yang paling tidak enak, namun mereka sudah dibiasakan untuk bersabar. Orang Jepang biasanya akan membaca ketika mengantri. Melalui antrian mereka juga diajarkan untuk menghormati hak orang lain. Orang yang berada di depan mereka dalam antrian berarti mereka datang lebih awal. Menerobos antrian sama saja mengambil hak mereka yang sudah datang lebih cepat.
Selain sudah diajarkan untuk disiplin sejak dini, orang Jepang memiliki budaya malu yang sangat tinggi. Bagi mereka, menyelak atau menerobos antrian adalah salah satu hal yang memalukan. Tak perduli masih anak-anak atau sudah berumur, mereka akan tetap disipilin dalam hal mengantri. Orang Jepang juga percaya dengan tertib ketika mengantri akan membuat proses antrian menjadi lebih cepat. Hal ini menurut saya yang tidak disadari oleh orang-orang yang suka menerobos antrian di Indonesia. Jika banyak yang menerobos sehingga menimbulkan kekacauan, proses antrian justru akan semakin lama. Orang Jepang sangat tidak suka membuang waktu dengan cuma-cuma. Tertib dan disipilin dalam antrian terlihat memang sepele. Namun tanpa disadari, budaya antri yang tertib, jadi salah satu faktor yang mendukung Jepang menjadi negara yang maju.

Sumber: http://thedailyjapan.com/kenapa-orang-jepang-sangat-tertib-ketika-mengantri/

Leave A Reply

Your email address will not be published.