ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

Randoseru, Tas Kotak Kebanggaan Anak SD di Jepang

SHARE
, / 136 0

 

Jika kalian adalah penggemar anime Doraemon, kalian pasti sudah tidak asing dengan tas sekolah yang selalu dipakai oleh Nobita. Tas sekolah berbentuk kotak dan berwarna hitam. Tas punggung khas Jepang itu disebut Randoseru.

Randoseru merupakan tas wajib yang dikenakan oleh seluruh murid Sekolah Dasar (SD) di Jepang. Awalnya anak laki-laki hanya memakai tas berwarna hitam dan perempuan memakai tas berwarna merah. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak warna yang ada dipasaran dan pemakaian randoseru tidak lagi berdasarkan kedua warna tersebut.

Walaupun terlihat sederhana, tas ini berharga mahal, lho. Harga satu tas ini berkisar 30.000 yen atau sekitar 3 juta rupiah. Harga yang mahal ini tentu saja berdasarkan kualitas tas yang mampu bertahan selama 6 tahun. Jadi mereka hanya perlu membeli tas itu sekali pada awal masuk kelas 1 SD.

Dan ternyata ada beberapa alasan mengapa anak-anak SD di Jepang diwajibkan menggunakan tas randoseru. Pertama, bentuk tas yang kokoh dan kaku dipergunakan untuk membentuk tulang punggung yang lurus.

Menurut mereka usia anak-anak SD adalah usia yang cocok dalam pembentukan postur tubuh. Jika dari kecil mereka sudah punggung kita dibiasakan untuk maka nantinya akan membentuk postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk.

Alasan kedua adalah alasan keselamatan. Jadi jika anak terjatuh dengan posisi punggung terlebih dahulu, tas yang menonjol itu akan melindungi bagian belakang kepala yang merupakan tempat otak berada. Beratnya pun tidak lebih dari 1 kg, jadi tas ini dibuat agar ringan dipunggung.

Zaman silih berganti tetapi anak-anak SD di Jepang tetap bangga menggunakan randoseru. Selain sudah menjadi kultur dan mempunyai faktor keselamatan, tas ini memang sudah menjadi ikon tersendiri siswa-siswi SD Negeri Sakura.

 

Sumber : https://thedailyjapan.com/randoseru-tas-hitam-kotak-kebanggan-anak-sd-di-jepang/

Leave A Reply

Your email address will not be published.