ブラウィジャヤ大学の日本文学科学生会

WORKSHOP SHODOU KURABU DI SMAN 7 MALANG

SHARE
, / 190 0

shodou

 

Minggu, 8 Januari 2017, Shodou Kurabu memulai awal tahun dengan mengadakan kegiatan workshop di SMA Negeri 7 Malang. Kegiatan berlangsung sangat seru, hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme para peserta. Peserta workshop sendiri adalah para siswa SMA Negeri 7 Malang yang mempunyai minat dibidang “jejepangan”.
Kegiatan diawali dengan pengenalan filosofi dan sejarah shodou dari ketua Shodou Kurabu, Taufik Kurnia, mahasiswa Sastra Jepang FIB UB angkatan 2015. Tak hanya sendiri, ia juga dibantu oleh dua rekan dari Shodou Kurabu.

Shodou Kurabu berbagi materi dasar mulai dari bagaimana sikap ketika menulis shodou hingga teknik dasar penulisan shodou (ten, harai, tomaru). Para peserta workshop menyimak penjelasan sambil mencoba mengaplikasikannya pada kertas koran yang telah mereka persiapkan sebelumnya.
Kanji yang ditulis pada workshop kali ini adalah kanji 光 (hikari) yang artinya cahaya. Setelah yakin teknik penulisannya benar, mereka melanjutkan menulis shodou pada media kertas washi, yaitu kertas khusus yang digunakan untuk menulis shodou.

Setelah menulis shodou secara individu, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian berlomba menulis shodou secara bergantian antar kelompok. Setiap anggota kelompok menuliskan kanji sebanyak satu coretan secara bergantian hingga coretan terakhir. Yang dinilai dari lomba shodou ini adalah ketepatan cara penulisan unsure dalam shodou, kerapian, serta kecepatan. Setelah penilaian selesai, setiap kelompok diberi hadiah sekaligus kenang-kenangan berupa beberapa karya dari shodou kurabu. Hal ini juga sebagai pertanda berakhirnya workshop, yang kemudian diakhiri dengan berfoto bersama.
Kesan dan Pesan Ketua Shodou Kurabu:
Workshop kali ini kan workshop yang pertama kali buat kamu sebagai ketua Shodou Kurabu, gimana kesannya?
Kalo deg-degan sih enggak begitu karna udah sering workshop shodou juga sebelumnya, cuma misalkan untuk menghindari suasana yang flat, harus semenarik mungkin biar gak boring

Dari kamu sendiri, gimana cara mengatasinya biar suasananya nggak boring?
Caranya buat lomba/games di akhir workshop, plus hadiah juga, candaan, karna itu juga tujuannya untuk meningkatkan kerjasama, fokus, dan berkompetitif

Sepertinya tadi ada yang minat gabung ke shodou kurabu, apakah diperbolehkan? Kalo boleh, gimana cara gabungnya?
Boleh banget, bahkan dari universitas lain juga ada yang join. Kalo mau join bisa langsung hubungi di nomor 082226111140, nanti untuk latihannya biasanya sabtu jam 9 pagi

(Ratri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.